TEMPAT WISATA DI PULAU BAWEAN YANG TERBAIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI

Tempat Wisata di Pulau Bawean ada banyak sekali, mulai dari underwater, pantai, tanjung, air terjun, mata air panas, hutan mangrove, danau, teluk, bukit, gunung, penangkaran hewan endemik, dan bahkan spot terasering juga ada di pulau Bawean ini.

Pulau Bawean merupakan sebuah pulau kecil yang secara administratif masih berada di wilayah Kabupaten Gresik Propinsi Jawa Timur. Meskipun jarak dari Gresik sampai Bawean terpaut 80 mil atau 120 km.

Sekarang pulau Bawean tampaknya sudah dikenal banyak orang. Pulau Bawean terkenal karena wisata alamnya dan keramahan warganya. Mulai dari underwater, pantai, tanjung, air terjun, mata air panas, hutan mangrove, danau, teluk, bukit, gunung, penangkaran hewan endemik, dan bahkan spot terasering juga ada di pulau Bawean ini. Dan jika andi mengambil Paket Wisata Bawean anda tidak akan bosan. Pantainya saja sudah indah apalagi ditambah destinasi wisata yang lengkap.

13 Destinasi Wisata Di Pulau Bawean Yang Wajib Anda Kunjungi

1. Dermaga Pulau Bawean

paket wisata bawean

Dermaga Pulau Bawean ini sangat indah apalagi saat sunset atau sunrise sungguh sangat memukau mata siapa saja yang menyaksikannya. Dermaga pulau Bawean ini ada 2. Yang pertama adalah dermaga baru yaitu dermaga untuk kapal high speed seperti kapal express. Dan yang satunya lagi adalah dermaga lama yang diperuntukkan untuk sandaran kapal-kapal besar seperti kapal feri Gili Iyang. Dermaga ini panjangnya hampir 1 km. Jadi bagi anda yang suka hunting foto sunrise atau sunset silahkan saja bisa datang kesini dermaga Pulau Bawean. Dan perlu anda tahu jika sore hari sepeda motor tidak diijinkan untuk masuk. Jadi jika anda membawa kendaraan sepeda motor dan ingin ke dermaga pulau Bawean silahkan parkir sepeda motor anda di gapura.

2. Pantai Makam Panjang Bawean

Pantai Makam Panjang ini terletak tidak jauh dari Dermaga Pulau Bawean. Tepatnya di desa Lebak Kecamatan Sangkapura Bawean. Makam Panjang ini memiliki panjang 11 hingga 12 meter dan makam ini sangat dikeramatkan oleh warga sekitar. Banyak yang berkunjung kesini ketika bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri. Selain memiliki nilai histiro dan magis Pantai Makam Panjang ini memiliki keindahan pemandangan tersendiri karena pemandangan pantai yang dikelilingi oleh banyak pohon bakau. Di Pantai Makam Panjang ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari tenggelam atau sunset.

3. Penangkaran Rusa Bawean

paket wisata bawean

Penangkaran Rusa Bawean merupakan sebuah tempat di mana hewan endemik khas Bawean ini dirawat dengan baik. Penangkaran Rusa Bawean sudah ada sejak tahun 2003. Sampai saat ini sudah ada sekitar 40an ekor rusa Bawean. Jika di alam liar jumlah Rusa Bawean ada sekitar 300an ekor. Rusa Bawean hanya ada di pulau Bawean dan benar-benar unik. Ada beberapa ciri-ciri Rusa Bawean yang tidak dimiliki rusa lainnya. Rusa Bawean bersifat nokturnal dan sangat takut dengan manusia. Sehingga jika kita berkunjung ke sana diharapkan jangan banyak bergerak atau gaduh supaya rusa-rusa Bawean tidak kabur. Ada yang lebih membanggakan lagi, Rusa Bawean dijadikan maskot Asian Games tahun 2018. Jadi jika anda mengambil Paket Wisata Bawean jangan sampai dilewatkan untuk mengunjungi penangkaran Rusa Bawean ini.

4. Air Terjun Murtalaya Bawean

Air Tejun Murtalaya tidak jauh dari perbukitan Mayangkara. Untuk menuju ke Air Terjun Murtalaya sebenarnya mudah tetapi untuk saat ini masih belum ada petunjuk yang jelas untuk menuju ke lokasinya. Jadi anda harus bertanya kepada warga lokal jika bingung. atau anda menyewa lokal guide yang sudah pasti menguasai kondisi lapangan. Air Terjun Murtalaya memiliki ketinggian sekitar 13 meter yang memiliki dinding air terjun seperti batu yang ditata. Warga lokal Bawean juga sering menyebutnya sebagai air terjun Pemandian Ratu.

5. Air Terjun Putri Bawean

Air Terjun Putri terletak di Desa Paroman Kecamatan Tambak Bawean. Lokasi Air Terjun Putri lokasinya dekat dengan Danau Kastoba. Air terjun ini sangat istimewa karena batunya sangat halus dan biasanya sering ddipakai wisatawan untuk main perosotan. Ketinggian air terjun Putri lumayan tinggi sekitar 25 meter.

6. Danau Kastoba Bawean

paket wisata bawean


Danau Kastoba merupakan danau hotan tropis di pulau Bawean. Danau yang sangat fenomenal ini terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak Bawean. Danau Kastoba ini menyuguhkan panorama danau dengan air yang sangat jernih dan menjadi habitan beberapa ikan dan hewan Biawak. Di balik keindahan Danau Kastoba menyimpan banyak cerita mistis dan legenda. Bahkan ada yang mengaitkan cerita Danau Kastoba dengan Danau Toba. Untuk melestarikan wisata alam danau Kastoba ini, pemerintah sudah mendaftarkan di Menteri Kehutanan sebagai cagar alam.

7. Gunung Sabu Bawean

Gunung Sabu terletak tidak jauh dari Danau Kastoba. Jika sudah mencapai puncak Gunung Sabu kita bisa melihat pemandangan Danau Kastoba dan juga pemandangan pulau Bawean dari ketinggian. Puncak gunung Sabu merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan pemandangan pulau Bawean secara 360 derajat. Untuk mencapai puncaknya kita harus memiliki fisik yang sangat tangguh karena kita akan melewati tracking dengan waktu sekitar 1,5 jam.

8. Pantai Labuhan Bawean

Pantai Labuhan selalu menjadi tempat favorit jika mengunjungi pulau Bawean. Keeksotisan pantai ini sangat luar biasa. Pantai ini menghadap ke laut tepat ke arah barat sehungga sangat cocok untuk melihat pemandangan sunset. Selain itu pantai Labuhan juga memiliki bibir pantai yang luas. Pantai Labuhan ini terletak di Desa Tanjungori Kecamatan Tambak Bawean. Keindahan Pantai Labuhan tidak kalah dengan pantai Kuta di Bali atau pantai Senggigi di Lombok.

9. Pulau Gili Bawean

Pulau Gini ini terletak di Desa Pamona Kecamatan Sangkapura Bawean. Pulau Gili ini merupakan pulau aktif tang dihuni sekitar 800 kepala keluarga. Mayoritas penduduk pulau Gili memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Jadi jika wisatawan berkunjung ke pulau Gili jika membeli ikan pasti harganya sangat murah.

10. Pulau Noko Bawean

paket wisata bawean

Pulau Noko sangat viral sekali di media sosial baik di youtube, google ataupun di instagram. Jadi jika anda mengambil Paket Wisata Bawean nantinya akan kami ajak anda mengunjungi Pulau Noko. Daya tarik di Pulau Noko ini adalah hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan laut yang terbelah. Sebenarnya pemandangan ini bukanlah laut yang terbelah, tetapi kondisi seperti ini bisa terjadi jika kondisi air laut sedang surut. Karena sebenarnya Pulau Gili dan Pulau Noko adalah satu pulau. Jika anda berkunjung ke ke pulau Gili dan Noko anda harus mencoba snorkeling karena memiliki view pemandangan bawah laut yang sangat bagus.

11. Tanjung Gaang Bawean

paket wisata bawean

Pemandangan laut lepas di atas karang-karang semenanjung Gaang ini membuat anda tidak akan pernah melupakannya. Air lautnya sangat biru jernih sampai kelihatan dasarnya. Angin semilir disertai ombak yang sangat menyegarkan. Dan kata orang Bawean, belum dianggap ke Bawean kalau belum ke Tanjung Gaang.

12. Air Panas Kepuh Legundi Bawean

Air Panas ini terletak di Desa Kepuh Legundi Kecamatan Tambak Bawean. Kalau dari Dermaga Pamona hanya sekitar 30 menit. Air panas ini sebenarnya bukan satu-satunya mata air panas yang ada di Pulau Bawean. Yang satu lagi ada di Sawahmulya yang ada di Kecamatan Sangkapura Bawean. Bedanya air panas Kepuh Legundi tempatnya lebih besar dan airnya lebih panas. Panasnya berasal dari belerang alami yang terletak jauh dari pemukiman penduduk sehingga menjadikan suasana di tempat ini sangat tenang. Mata air panas Kepuh Legundi dibagi menjadi 3 sekat yang berbeda. 2 sekat diperuntukkan untuk laki-laki dimana keduanya memiliki panas yang berbeda da yang 1 sekat lagi dipruntukkan untuk wanita. Air panas Kepuh Legundi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, gatal-gatal, iritasi, mengurangi kadar gula darah, menghilangkan racun dalam tubuh, dan juga bisa menyembuhkan penyakit flu.

13. Pulau Noko Selayar Bawean

Sama seperti halnya Gili Noko, Noko Selayar merupakan sebuah pulu kecil yang ada di pulau Bawean. Lokasinya sebenarnya sangat dekat sekali dengan kota Sangkapura. Noko Selayar ini hampir sama dengan Gili Noko dengan bibir pantainya yang menjulur seperti ekor. Pantai ini membuat seakan-akan garis pantainya terbelahdengan background pulau Selayar.

Bagaimana indah sekali bukan tempat-tempat wisata di pulau Bawean. Memang benar destinasi wisata di Pulau Bawean ini sangatlah lengkap untuk dikunjungi.

Jika anda ingin berlibur ke Pulau Bawean silahkan bisa mengambil Paket Wisata Bawean yang sudah kami sediakan. Kami tunggu kedatangan anda di Bawean dengan gabung bersama kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEMPAT WISATA DI PULAU BAWEAN YANG TERBAIK DAN WAJIB DIKUNJUNGI"

Posting Komentar